Tips Aman Belanja di MP Ebay

Hati-hati! Lakukan Tips Ini Ketika Belanja Barang Elektronik Lewat Jasa Ebay Belanja barang elektronik, sudah pasti harus hati-hati. Salah pilih, barang yang diterima tidak sesuai harapan. Terutama bila Anda membeli secara online, khususnya pembelian dari luar negeri.

Anda tentu perlu memastikan semua aman dan diterima dalam keadaan utuh sampai depan rumah. Untuk itu, perlu pintar-pintar dalam berbelanja, terutama ketika melalui jasa ebay.

Agar tidak kecewa ketika berbelanja produk elektronik dari negeri orang, perhatikan tips berikut:

  1. Ketahui produknya secara detail

Demi meraup keuntungan serta menarik minat pembeli, diskon besar-besaran sudah pasti ditawarkan, hingga membuat sebagian orang tergiur untuk segera mendapatkannya. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli, pastikan terlebih dahulu kondisi barangnya.

Teliti secara rinci seperti apa produk tersebut, detailnya, kualitas yang ditawarkan. Bisa jadi, tertulis barang asli, tetapi ternyata yang dijual barang tiruan.

Untuk bisa mengetahui detail dan kualitas barang, terutama untuk elektronik, Anda dapat mencari review dari beberapa situs ternama yang biasanya melakukan ulasan terhadap produk-produk elektronik baik dalam negeri maupun luar negeri. Bertanya pada kawan yang pernah membeli barang serupa pun bisa dilakukan sebagai salah satu cara dalam mengetahui kualitasnya.

  1. Kenali penjualnya melalui review

Sewaktu memutuskan untuk berbelanja di marketplace besar seperti ebay, maka hal wajib yang perlu dilakukan ialah cari tahu sebanyak mungkin penjualnya. Setiap penjual tentu memiliki review masing-masing dari para pembeli. Maka, baca dengan baik review yang diberikan oleh konsumen.

Jangan sampai Anda tergiur dengan harga murah, tetapi mendapat penjual yang tidak baik. Alhasil barang tidak sampai di tangan dengan baik.

Bila perlu, lakukan komunikasi intens terhadap penjual. Bila responsnya cepat, maka kemungkinan besar merupakan penjual terpercaya. Selain itu, beberapa situs marketplace akan memberikan status khusus pada penjual yang sudah terpercaya dan berkualitas, seperti badge untuk official store, badge terbaik, badge bintang lima.

Bahkan, di Ebay, terdapat jaminan akan adanya uang kembali dari penjual bila barang yang diterima tidak sesuai pesanan maupun garansi untuk barang kembali bila ada cacat pada barang yang dibeli. Jadi, pastikan Anda memilih barang elektronik dari toko yang mendapat badge khusus tersebut ketika hendak berbelanja melalui jasa ebay.

  1. Bandingkan, bandingkan, dan selalu bandingkan

Seperti halnya ketika Anda memasuki sebuah pasar, maka hal yang wajib dilakukan ialah menjelajah terlebih dahulu sembari mencari barang yang diinginkan. Begitu pun ketika hendak belanja online di marketplace luar negeri seperti Ebay. Jelajahi dulu dan cari barang yang diinginkan.

Buat daftar barang mana saja dan di toko mana yang memberi penawaran harga sesuai kantong. Bila sudah, segera bandingkan satu persatu barang-barang tersebut dari segi bahan, kualitas, harga. Jangan lupa, toko pun patut untuk dibandingkan satu sama lain untuk menilik kiranya mana penjual yang bisa dipercaya dan tidak.

Ingatlah selalu cara ibu-ibu ketika berbelanja di pasar tradisional. Mereka akan menawar dan membandingkan dengan teliti sebelum mendapatkan barang yang diinginkan.

Begitu pula Anda ketika hendak berbelanja barang luar negeri secara online. Bandingkan, bandingkan, dan bandingkan dari segi apa pun. Jika perlu review konsumen dan foto yang diunggah para pembeli pun patut dijadikan acuan sebelum berbelanja.

  1. Pastikan jasa ebay yang kamu pilih terpercaya

Membandingkan juga dapat dipakai ketika memilih jasa ebay yang akan anda serahi uang untuk membeli barang luar negeri di Ebay. Pasalnya, banyak terjadi kasus penipuan dari jasa titip ini yang merugikan konsumen. Tentu, Anda tidak ingin menjadi salah satunya, bukan?

Maka, berhati-hatilah dan selalu waspada. Cara pertama yang harus Anda lakukan ialah mencari tahu secara detail info pemilik jasa titip pembelian barang di ebay. Hal tersebut dapat dilakukan melalui forum, review para konsumen yang pernah menggunakan jasanya, tanya pada rekan maupun kawan yang pernah menitip barang luar negeri, atau melakukan kontak secara langsung dengan penanggung jawab usaha jasa titip tersebut.

Bila perlu, Anda dapat mendatangi lokasi kantornya secara langsung untuk memastikan jika jasa ebay tersebut tidaklah fiktif dan benar-benar ada serta terpercaya.

Ingat, jangan tergiur dengan iklan dan biaya titip yang murah. Tetapi, pastikan jika perusahaan tersebut ada dan dapat melakukan pembelian sesuai prosedur hukum tanpa ada pelanggaran yang dapat merugikan Anda di belakang. Pastinya,

hindari pemilik jasa titip yang meminta untuk uang tambahan di luar harga barang dan biaya titip dengan alasan apa pun, karena bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu modus penipuan.

  1. Lawan rasa malas membaca kebijakan situs ketika pembelian

Terkadang Anda merasa malas untuk membaca kebijakan privasi dalam bertransaksi secara online ketika membeli barang sendiri di marketplace. Alhasil, ketika mendapat masalah dalam pembelian barang, maka kebingunganlah yang akan dialami. Untuk itu, mulai sekarang lawan rasa malas tersebut.

Mulailah untuk membaca dengan teliti semua kebijakan privasi dan peraturan dalam berbelanja di situs online tersebut. Meskipun bahasanya terkesan kaku, tapi pastikan Anda mendapatkan informasi penting sebelum menyatakan setuju dan melanjutkan proses belanja.

Bisa jadi, ketika membaca, Anda dapat mengetahui jika ternyata marketplace tersebut tidak memberi garansi apa pun apabila barang yang diterima rusak atau tidak sesuai harapan. Atau bahkan, tidak ada kebijakan apa pun mengenai privasi data diri Anda yang sudah ada di tangan mereka. Bila hal tersebut terjadi, tentu membatalkan belanja adalah pilihan pertama yang harus Anda lakukan.

Untuk itu, telitilah sebelum berbelanja dan lawan rasa malas untuk membaca. Pasalnya, akan ada banyak informasi penting di dalamnya yang kelak sangat berguna untuk Anda setelah bertransaksi.

Itulah lima tips yang bisa Anda gunakan ketika hendak menggunakan jasa ebay sewaktu ingin membeli barang luar negeri. Pastikan Anda tidak tergiur bahasa iklan yang terkadang menjerumuskan ke hal-hal buruk. Akan tetapi, kenali dan cari tahu sebanyak mungkin baik penyedia jasa titip maupun produk yang akan dibeli.

Ketika sudah mengetahui produk apa saja yang diinginkan, tentu akan lebih mudah dalam memberi informasi pada penyedia jasa titip, sehingga tidak akan ada kesalahan dalam berbelanja nantinya.

Melalui jasa titip terpercaya, Anda hanya cukup berdiam diri di rumah, duduk tenang sembari menunggu barang pesanan datang. Tidak perlu lagi pusing memikirkan jasa ekspedisi apa yang akan digunakan, berapa biaya cukai dan pajak yang harus ditanggung, seperti apa barang yang akan diterima, dan apa saja yang harus dilakukan bila ternyata barang tidak sesuai ekspektasi.

Pasalnya, dengan jasa titip pembelian barang luar negeri, semua itu sudah teratasi dengan baik. Bila ada masalah, cukup kontak penyedia jasa, maka mereka yang akan membantu mengurus hingga selesai. Jadi, jangan takut dan segera nikmati keseruan berbelanja di Ebay melalui jasabelanjaonline.com. Selamat berbelanja dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *